Monday, March 22, 2010

Walktrough Dawn Of Mana

Ikuti semua petunjuk-petunjuk yang diberikan dan kalahkan semua musuh yang mendekati Buju dan membuatnya ketakutan. Setelah berputar-putar selama beberapa saat Buju akan kembali ke dalam pelukan Ritzia dan perjalananmu dalam chapter inipun berakhir.

Chapter 1: A Spirit and a Maiden
Ikuti Ritzia atau tanda panah berwarna biru yang akan membantumu mencari arah yang benar. Kalau Ritzia berhenti di depan pintu gerbang yang tertutup, carilah sebuah pilar yang terlihat seperti setengah patah. Naik ke atas pilar itu dan tunggu hingga pilar itu benar-benar menutup untuk membuka pintu gerbang. Kalau Anda telah tiba di ruangan yang terdapat empat buah lubang dan empat buah benda bundar dengan ukuran yang berbeda, cobalah untuk memasukkan benda-benda bundar tersebut ke dalam lubang dan Anda akan mendapatkan beberapa barang. Tetapi untuk saat ini Anda masih belum bisa mencapai benda bundar yang keempat, jadi lewati dulu tempat ini setelah Anda berhasil memasukkan tiga buah benda bundar.

Terus ikuti Ritzia hingga dia berhenti di jalan yang berada di sebelah kiri. Anda akan melihat bahwa di depan Ritzia ada pintu yang tidak bisa dibuka. Kalahkan musuh yang berada di tempat itu. Naiki tangga. Lalu hancurkan tembok yang berada di area ini. Sebelum pindah ke area lain, lompatlah ke atas pilar yang berada di seberang tembok yang baru Anda hancurkan. Anda akan menemukan jalan menuju ke benda bundar yang keempat. Masukkan benda bundar tersebut ke dalam lubang dan ambil barang yang telah berhasil Anda dapatkan. Setelah selesai, kembalilah ke tempat Ritzia tadi menunggu dan masuki area berikutnya.

Lompatlah ke atas pilar untuk membuka pintu. Lanjutkan perjalananmu, kalau Anda menemukan benda yang berbentuk seperti sulur pendek berwarna hijau, itu berarti Anda bisa menyimpan perjalananmu. Setelah menyaksikan sebuah adegan, pedang kayu (atau balok kayu?) milikmu akan berubah menjadi pedang hijau yang tertanam di lengan Keldy. Selain itu, Anda sekarang juga bisa menggunakan ‘whip’. Anda bisa langsung mencobanya untuk menangkap dan melempar barang serta meluncur dengan menggunakan pedang barumu.

Lanjutkan perjalananmu. Ikuti saja warna kuning yang berada di layar radarmu. Save permainanmu jika Anda menganggap itu merupakan hal yang penting. Begitu Anda sampai di tempat yang terlihat seperti semacam kebun kecil Anda akan melihat sebuah adegan. Kembali ikuti Ritzia, lantai yang berada di area berikutnya akan runtuh dan Anda terpisah dari Ritzia. Jatuhkan drimu ke dalam lubang besar yang menganga itu untuk mengambil sebuah barang lalu kembalilah ke atas. Terus saja berjalan ke arah yang ditunjukkan radar dan Anda akan bertemu dengan Jinn (Spirit Of The Wind). Kalahkan semua musuh yang berada di area ini lalu lanjutkan perjalananmu dan Anda akan bertemu dengan Gnome (Spirit Of The Earth).

Lanjutkan perjalananmu hingga sampai di lantai dasar. Di sini Anda harus berhadapan dengan Du'Ram. Setelah mengalahkan Du'Ram, Anda akan mendapatkan Special Key. Gunakan kunci itu untuk membuka jalan. Kalau Anda memiliki Normal Key, Anda bisa membuka pintu lain yang berada di tempat ini. Pintu tersebut akan membawamu bertemu dengan Lava Goblin. Kalau Anda berhasil mengalahkannya, Anda akan mendapatkan sebuah telur pet yang langka. Lanjutkan perjalananmu dan save permainan. Anda akan di tiba di sebuah ruangan yang pijakannya berputar-putar. Tunggulah hingga pijakan tersebut sedikit turun baru usahakan untuk melompat ke seberang. Lanjutkan perjalananmu hingga Anda menemukan lubang kunci lagi. Pergilah ke tengah ruangan dan Anda akan diserang oleh Du'Ram. Kalahkan Du'ram untuk mendapatkan Special Key. Gunakan kunci tersebut dan masuklah ke ruangan selanjutnya. Lompatlah ke atas kedua pijakan yang berada di ruangan ini. Naik ke atas. Anda akan melihat sebuah adegan. Begitu adegan selesai, Anda akan berhadapan dengan boss: Grim Mortifier.

Grim Mortifier
Chapter: A Spirit and a Maiden
Lokasi: Great Tree, Graveyard
Elemen: tidak ada
Serangan: Running Thrust, Power Stab, Counter Spin

Grim Mortifier hampir selalu akan menyerangmu dengan Running Thrust dan Power Stab. Untuk mengalahkan bos ini caranya cukup mudah, yaitu: buat dia panik. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk membuat Grim Mortifier masuk ke dalam mode ‘panic’, yang pertama adalah melemparkan buah pohon ek yang bertebaran di tempat itu ke kepalanya. Cara yang kedua adalah memancingnya ke dinding. Berdiri saja di dekat dinding dan cepat-cepat menghindar pada saat Grim Mortifier menyerangmu. Hal tersebut akan membuatnya membentur dinding dan memasuki mode panic. Ketika Grim Mortifier sedang dalam mode panic, cepat serang ekornya. Ulangi hal ini beberapa kali hingga Anda berhasil mengalahkannya.

Chapter 2: Lord of the Forest
Coba berkeliling di tempat ini sambil melawan musuh untuk mengumpulkan Medal dan Lucre. Anda akan bertemu dengan seekor kucing yang berjaga-jaga di depan pagar. Setelah mengalahkannya, lanjtkan ke area berikut dan Anda akan bertemu dengan Salamander (Spirit Of Fire). (img Chapter 2)Ikuti saja jalan yang ada sambil sekali-sekali memeriksa arah lewat radar yang berada di layarmu. Lanjutkan perjalanan hingga Anda menemukan Save Point. Save permainanmu, lanjutkan ke area berikutnya dan Anda akan bertemu dengan Undine (Spirit Of Ice). Di area selanjutnya, Anda bisa berkeliling untuk mengalahkan musuh-musuh yang ada atau mengumpulkan barang-barang. Setelah itu, gunakan jembatan kayu yang berada di sebelah barat agar bisa mencapai area selanjutnya. Lanjutkan perjalanan, ambil Honey Brew yang berada di sebelah kiri jalan. Kalahkan semua musuh dan hancurkan semua pilar yang menghalangi jalanmu. Beberapa tong yang berada di sini bisa memberimu sedikit Lucre.

Begitu Anda tiba di depan gua, Anda akan melihat seekor kucing menunggumu di atas pintu gua tersebut. Kalahkan dia dan lanjutkan perjalananmu. Gunakan pilar yang menempel di bawah bukit kecil untuk memudahkan perjalananmu menuju ke atas. Di atas, Anda akan menemukan beberapa Pumpkin Bomb yang dapat Anda gunakan untuk melawan Du'Ram. Di area selanjutnya, lanjutkan perjalananmu hingga Anda mencapai gua yang berada di sebelah barat laut. Beberapa Chobit Hood akan memberikan sedikit bantuan untukmu ketika Anda akan melewati area ini. Telusuri gua dan periksa arah dengan menggunakan petunjuk yang ada di radarmu. Hati-hati, beberapa prajurit Lorimar akan menghadang langkahmu. Kalahkan mereka semua dan lanjutkan perjalanan hingga Anda melihat sebuah akar raksasa berwarna hijau. Masuk ke dalam gua. Save permainanmu. Lanjutkan perjalanan melewati undak-undakan yang dialiri air. Begitu Anda tiba di luar gua, Anda akan melihat sebuah adegan dan berhadapan dengan boss: Grim Treant.

Grim Treant
Chapter: Lord of the Forest
Lokasi: Wonder Wood, Treant Hollow
Serangan: Terndrills Attack, Terndrills Sweep

Kelemahan dari Grim Treant adalah kristal yang terletak di mulutnya dan kedua Trendrill-nya. Untuk mengalahkannya, Anda memerlukan cukup banyak bantuan Pumpkin Bomb dan Salamander Hexaorb. Selain itu, tentu saja kalau magic Faye sudah mencapai level 4, Anda bisa menggunakan Flaming Saber. Untuk bisa membuatnya membuka mulut, Anda harus mengalahkan kedua Terndrill milik Grim Treant terlebih dahulu. Untuk mendapatkan Bumpkin, tunggu hingga serangan Grim Treant mengenai pohon-pohon yang ada di sekitarnya. Setelah itu, lempar Pumpkin Bomb ke arah kristal, baik itu yang ada pada Terndrill atau mulut Grim Treant, kelemahan ketiga kristal tersebut memang elemen api. Setelah itu, Anda juga bisa menggunakan Salamander Hexaorb atau Flaming Saber untuk menyerangnya. Mungkin Anda akan merasa sedikit terganggu dengan Grim Rabites yang bermunculan dan menyerangmu, tetapi kalau bisa lebih baik Anda fokuskan saja untuk menyerang Grim Treant. Tetapi, kalau menurutmu Grim Rabites itu sudah benar-benar menggangu, kalahkan saja mereka semua. Terus lakukan hal tersebut sampai Grim Treant habis terbakar.

Chapter 3: The Guardian and Gaia
Kalahkan musuh yang menghadang jalanmu. Lanjutkan perjalanan dan Anda akan bertemu dengan Wisp (Spirit Of Light). Masuk ke dalam gua, kalahkan semua musuh dan lanjutkan perjalanan ke arah barat. Tidak perlu memasuki gua yang berada di dekat sungai. Langsung saja lanjutkan perjalananmu ke atas melalui beberapa tebing yang berada di area tersebut. Kalahkan semua musuh yang berada di area ini terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk melawan Great Boa. Setelah Anda berhasil mengalahkan Great Boa, lanjutkan perjalananmu mengikuti arah yang ditunjukkan oleh radar yang berada di layarmu. Terus ke utara. Naiki tangga yang berada di area ini. Kalahkan semua musuh. Anda akan melihat sebuah pintu besar yang tertutup. Untuk membukanya, cukup dekati saja pintu tersebut. Tetapi sebelum itu, pergilah ke bagian barat area ini dan Anda akan melihat sebuah gua. Masuk ke dalam gua itu dan Anda akan menemukan Undine Hexaorb di dekat air terjun. Turun ke bawah dan periksa tempat yang berada di balik air terjun untuk mendapatkan Gnome Hexaorb. Kembalilah ke area sebelumnya dan lanjutkan perjalananmu melalui pintu tersebut. Save permainanmu kalau Anda mau. Lanjutkan perjalanan dan Anda akan bertemu dengan Dryad (Spirit Of Tree). Untuk keluar dari tempat ini, terlebih dahulu Anda harus berhadapan dengan Du'Ram.

Di area selanjutnya, lompatlah ke bawah dan Anda akan berhadapan dengan beberapa Hobgoblin. Kalahkan mereka semua. Lanjutkan perjalananmu ke arah timur dan masuki gua yang berada di selatan area ini. Lompat ke atas platform yang berada di situ untuk mengaktifkan switch. Lanjutkan perjalananmu. Di sebelah timur tebing yang berada di utara Anda akan melihat beberapa Kotak. Gunakan Kotak-Kotak tersebut untuk menuju tebing yang berada di atas. Masuk ke dalam gua. Anda akan melihat sebuah pintu berwarna hijau yang sekarang ini masih belum bisa Anda buka. Kalahkan musuh yang berada di sini. Masuk ke dalam ruangan besar yang berada di bagian barat area ini. Kalahkan musuh dan aktifkan switch yang berada di dalam area ini. Kalahkan semua musuh dan hancurkan semua benda yang menghalangimu. Lanjutkan perjalananmu ke arah selatan. Aktifkan switch yang berada di tempat ini. Lanjutkan perjalananmu ke arah barat. Lompat turun dan carilah tangga yang berada di area ini. Naiki tangga itu untuk menuju ke area selanjutnya.

Lanjutkan perjalanan hingga Anda bertemu dengan dua Du'Ram yang menghalangimu untuk mengaktifkan switch. Kalahkan mereka dan aktifkan switch. Kembali ke pintu hijau yang berada di area sebelumnya melalui jalan yang berada di arah tenggara. Kalahkan musuh yang berada di depan gerbang untuk mendapatkan Special Key. Gunakan kunci itu untuk membuka pintu hijau lalu masuklah ke dalamnya. Aktifkan switch yang berada di area ini. Jelajahi area ini terlebih dahulu untuk mengumpulkan beberapa barang dan mengalahkan musuh. Setelah semua urusanmu di area ini selesai, keluarlah dan pergilah menuju elevator yang terletak di gua yang berada di sebelah barat. Pukul panel yang berada di elevator untuk mencapai tujuanmu. Lanjutkan perjalanan. Save permainanmu. Masuk ke dalam gua yang berada di sebelah timur. Telusuri gua itu, dekati mata yang berada di tembok dan Anda akan menemukan Shade (Spirit Of Darkness).

Keluar dari gua dan lanjutkan perjalananmu ke arah barat. Kalahkan semua musuh yang menghalangi langkahmu. Lanjutkan perjalananmu menuju ke arah barat lalu ke utara. Masuk ke dalam gua dan terus berjalan hingga Anda tiba di semacam stasiun kecil. Tekan tombol bulat yang berada di tempat ini agar Anda bisa menggunakan kereta. Kalahkan semua goblin yang Anda temui untuk mendapatkan Special Key. Setelah perjalanan yang menyenangkan dengan kereta itu, lanjutkan perjalananmu melalui jembatan kayu menuju area berikutnya (area ini hanya bisa diakses apabila Anda sudah melakukan mini game dengan kereta tadi dan mendapatkan Special Key). Terus naik ke atas. Hancurkan semua barang dan kalahkan semua musuh yang mengganggumu. Terus lanjutkan perjalananmu, hancurkan semua benda dan kalahkan semua musuh yang menghalangi langkahmu.

Di area berikut ini, sering-seringlah melihat peta atau radarmu agar Anda tidak berputar-putar dalam area ini. Masuk ke dalam gua dan Anda akan mendapatkan kekuatan Luna (Spirit Of Moonlight). Lanjutkan perjalananmu hingga Anda sampai di tempat yang terdapat aliran air di dalamnya. Untuk menuju ke area berikutnya, jalanmu akan ditutupi oleh beberapa barang. Hancurkan saja barang-barang tersebut. Anda harus melewati area ini dengan cepat kalau tidak mau jatuh ke bawah dan harus mengulang perjalananmu. Lanjutkan perjalanan. Dekati kristal untuk membuka jalan. Save permainanmu. Terus ikuti jalan yang ada di depanmu. Lompat ke area yang lebih luas dan Anda akan bertemu dengan Gaia. Setelah melihat sebuah adegan, Anda akan berhadapan dengan boss: Wyvern.

Wyvern dan Golem Friars
Chapter: The Guardian and Gaia
Lokasi: Mortmont, Gaia Peak
Elemen: Fire
Wyvern: Fire Balls, Flaming Gale, Sweep Diving, Counter Spin
Golem Friars: Staff Attack, Fire Magic

Sebelum memasuki pertarungan dengan Wyvern, ada baiknya kalau Anda terlebih dahulu mengumpulkan Undine Hexaorb sebanyak-banyaknya. Boss yang lumayan menyebalkan ini memang susah terkena serangan karena ia selalu terbang tinggi. Untungnya dalam pertarungan ini, Gaia akan menolongmu. Jadi, pada saat Anda melihat Wyvern akan menyerang dengan menggunakan Fire Ball, cukup sembunyi di balik tangannya dan Gaia akan menyerap serangan Wyvern dengan menggunakan tangannya. Setelah itu segera gunakan Undine Hexaorb pada Wyvern. Setelah Wyvern jatuh, seranglah dia, tetapi hati-hati karena kalau dia sudah tidak dalam mode 'panic', ia akan mengeluarkan Counter Spin. Jangan lupa untuk mengalahkan setiap Golem Friars yang mendekati Gaia agarkamu tetap bisa berlindung dari serangan Fire Ball milik Wyvern. Jika Wyvern menyerang menggunakan Flaming Gale, hindari dengan bergerak ke kanan atau ke kiri. Pada saat Wyvern menyerang Keldy dengan menggunakan Sweep Diving segeralah lompat untuk menghindarinya. Yang terpenting adalah, Anda harus mencari kesempatan untuk menggunakan Undine Hexaorb agar Anda bisa menyerang Wyvern pada saat ia jatuh.

Chapter 4: Ritzia
Serang semua kerang yang berada di tempat ini karena beberapa diantaranya adalah musuh. Kalahkan musuh yang menghalangi jalan masukmu ke dalam gua. Lanjutkan perjalananmu. Jangan lupa mengambil Undine Hexaorb yang berada di selatan. Di area selanjutnya, lihatlah ke dalam peta dan Anda akan melihat benda yang berbentuk seperti semak berwarna hijau. Pergilah ke benda hijau yang terdekat dan Anda akan melihat sulur-sulur yang akan membantumu sampai ke tujuan. Gunakan sulur tersebut. Kalahkan semua musuh dan hancurkan semua benda yang berada di tempat ini. Lanjutkan perjalananmu ke arah utara. Ketika Anda hampir sampai di Lorimar Empire's Flagship, Anda akan mendapati bahwa banyak sekali musuh yang akan menghalangimu. Kalahkan mereka semua. Begitu Anda sampai di depan gerbang yang terkunci, tunggulah beberapa saat lalu kembalilah ke area berikutnya hingga Anda bertemu dengan Golem Centurion. Kalahkan Golem Centurion untuk mendapatkan Special Key. Buka gerbang dan save permainanmu.

Tugasmu di tempat ini adalah menemukan Ritzia dan melarikan diri bersamanya. Meskipun tempat ini lumayan mudah untuk dilewati, namun Anda harus berhati-hati terhadap alarm. Alarm-alarm ini akan langsung memanggil musuh untuk menyerangmu jika Anda melewatinya. Untuk mematikannya, cukup temukan dan injak alarm tersebut. Aktifkan switch kecil yang berada di utara. Setelah itu, temukan dan aktifkan switch berwarna biru yang ada di selatan. Masuk ke ruangan berikutnya, jelajahi ruangan ini dan kalahkan seluruh musuh yang berada di ruangan ini. Aktifkan switch yang berada di utara. Keluar dari ruangan itu dan lanjutkan perjalananmu ke utara. Di sini Anda akan mendapati beberapa peti kayu yang menghalangi jalanmu. Hancurkan peti-peti itu dan lanjutkan perjalananmu. Dalam ruangan ini, temukan dan aktifkan switch yang berada di sebelah selatan ruangan. Keluar dari ruangan tersebut dan masuk ke dalam elevator.

Setelah adegan selesai, save permainanmu. Masuki semua ruangan yang ada di tempat ini dan kalahkan semua musuh yang berada di ruangan-ruangan tersebut. Kalahkan semua musuh yang ada di tempat ini untuk mendapatkan Special Key. Lanjutkan perjalananmu menuju ruangan berikutnya. Kalau Anda menemukan persimpangan jalan, ambil jalan yang berada di tengah. Kalahkan semua musuh yang menghalangimu dan Anda akan berhadapan dengan seekor centurion. Kalahkan centurion itu untuk mendapatkan Special Key. Gunakan kunci dan masuklah ke ruangan berikutnya. Anda akan melihat sebuah adegan dan berjalan bersama Ritzia lagi. Save permainanmu. Gunakan elevator untuk mencapai lantai atas. Kalahkan semua golem yang berada di ruangan ini untuk mendapatkan Special Key. Di ruangan selanjutnya, tekan switch untuk membuka jalan. Jelajahi ruangan ini lalu gunakan elevator untuk menuju ke ruangan berikutnya.

Lanjutkan terus perjalananmu sambil mengalahkan semua musuh dan menghancurkan semua barang yang menghalangi jalanmu. Aktifkan switch yang berada di bawah beberapa peti. Masuk ke dalam ruangan berikut. Lanjutkan perjalananmu. Begitu Anda sampai di ruangan mesin, seekor centurion akan menyerangmu. Kalahkan centurion itu. Lanjutkan perjalananmu melalui pintu selatan. Ikuti jalan hingga Anda memasuki ruangan besar. Di dalamnya sudah menunggu beberapa golem dan centurion yang akan segera mengajakmu bermain. Setelah Anda selesai bermain-main dengan mereka, aktifkan switch yang berada di selatan ruangan lalu keluarlah melalui pintu utara. Aktifkan switch yang berada di depan pintu agar Ritzia bisa melewati pintu. Lanjutkan perjalananmu. Save permainan. Setelah adegan, Anda akan bertemu dengan boss: Stroud.

Stroud
Chapter: Ritzia
Lokasi: Imperial Flagship, Upper Deck
Elemen: Ice
Serangan: Ice Balls, Jump Strike, Power Strike, Double Strike, Ice Spikes

Untuk menghadapi boss yang satu ini diperlukan kesabaran dan keberuntungan yang lumayan tinggi. Mengapa? Karena dengan menggunakan pedangnya, ia bisa menangkis semua serangan berelemen yang ditujukan padanya. Selain itu, ia juga hampir selalu menggunakan perisai berelemen es yang selain melindungi dirinya juga membekukan segala sesuatu yang bersentuhan dengan perisai tersebut. Dan yang paling menyusahkan adalah Stroud selalu menciptakan dua clone yang selain bisa menyerang Keldy, bisa juga menahan Keldy dalam cengkeramannya. Untuk melawannya, hindari perisai esnya dan selalu gunakan magic Flaming Saber milik Faye. Kalau tidak, Anda juga bisa menggunakan Salamander Hexaorb untuk melawan Stroud atau kedua clone-nya.

Chapter 5: Of Deserts and Friends
Berhati-hatilah, karena di chapter ini musuh-musuhnya memiliki sedikit kekebalan, sehingga kadang barang-barang yang Anda lemparkan pada mereka tidak akan mengurangi HP mereka. Selain itu, beberapa musuh kelas Grim, mulai bermunculan dan pastinya Anda akan mengalami sedikit kesulitan untuk mengalahkan mereka.

Kali ini Anda akan berpetualang di negara padang pasir, Jadd. Jelajahi ruangan ini dan kumpulkan berbagai barang atau Lucre yang bisa Anda dapatkan. Pergilah ke area selanjutnya melalui tembok yang berada di sebelah timur laut. Masuklah ke dalam gua kecil yang berada di depan, di tempat ini Anda akan menemukan beberapa teman. Bicaralah pada mereka untuk mendapatkan beberapa barang. Kalau Anda mau mendapatkan Medal, kalahkan saja musuh yang berada dalam gua tersebut.

Lanjutkan perjalananmu menuju tangga yang berada di arah timur laut. Naiki tangga tersebut lalu save permainanmu kalau perlu dan Anda akan melihat sebuah adegan. Di ruangan pertama, kalahkan semua musuh yang berada di sini, termasuk juga Grim Great Boa yang akan segera menghadangmu. Dalam pertarungan kali ini, Anda akan dibantu oleh beberapa mage. Jangan lupa untuk menghacurkan setiap pot yang Anda temui untuk mendapatkan Lucre. Setelah mengalahkan semua musuhmu, turun dan masuklah ke dalam ruangan berikut. Kalahkan semua musuh yang berada di sini. Kembalilah ke area sebelumnya dan lanjutkan perjalananmu menuju ke ruangan kedua.

Di ruangan kedua, kalahkan Grim Matangos untuk mendapatkan Gold Key. Kalahkan semua musuh yang ada di tempat ini untuk mendapatkan Special Key yang berguna untuk membuka pintu menuju ruangan ketiga. Sama seperti sebelumnya, begitu memasuki ruangan ketiga, segera kalahkan semua musuh yang berada di ruangan tersebut. Setelah itu, masuklah ke dalam ruangan kecil yang berada di sebelah selatan ruangan ketiga ini. Kalahkan musuh yang berada di tempat tersebut. Setelah itu, naiki tangga yang berada di barat dan teruskan perjalananmu hingga bertemu Wendellman. Bicaralah dengannya lalu kembalilah lagi ke ruangan ketiga dan masuklah ke ruangan yang berada di sebelah utara ruangan ketiga ini. Save permainanmu. Kalahkan Grim Predator yang menghadangmu. Periksa semua ruangan dan hancurkan setiap bola kristal kecil yang berada di tempat itu. Hal tersebut akan membuat bola kristal besar yang berada di tengah kehilangan kekuatannya. Kalau Anda berhasil menghancurkan setiap bola kristal kecil yang berada di sini, maka bola kristal besar tersebut akan meledak dan Anda bisa menggunakan elevator yang berada di tengah ruangan.

Di area selanjutnya, cari dan hancurkan lima buah bola kristal kecil untuk mengaktifkan elevator. Setelah berhasil menghancurkan kelima bola kristal kecil tersebut pergilah ke rumah tetua desa dan naik ke dalam elevator yang berada di dalam rumahnya. Setelah tiba di atas, Anda harus menggunakan elevator yang berikutnya untuk mencapai tujuanmu. Keluar, save permainanmu, lihat adegan yang muncul dan Anda akan berhadapan dengan boss: Grim Lekius.

Grim Lekius dan Grim Predators
Chapter: Of Deserts and Friends
Lokasi: Jadd Castle, Hanging Garden
Grim Lekius: Rapid Arrow, Piercing Arrow, Counter Barrier, Stealth Attack
Grim Predators: Dark Blast

Untuk mencari keberadaan Grim Lekius, gunakan radar yang berada di sebelah kanan atas layarmu dan jangan pernah menggunakan sistem target. Ketika ia berhenti bergerak, serang dia dengan menggunakan seluruh elemen Hexaorb mu kecuali Wisp. Setelah itu, langsung serang dia dengan menggunakan pebble atau magic Frozen Saber. Tunggu hingga Grim Lekius siap-siap hendak menyerangmu dan gunakan Undine Hexaorb padanya. Kalau Undine berhasil mengenainya, Anda bisa mendekati boss ini dan menyerangnya dengan serangan biasa maupun Frozen Saber, terserah Anda. Pada saat Grim Lekius menggunakan ilmunya yang paling hebat aka menghilang yang harus Anda lakukan adalah naik ke tangga dan berlari menuju lonceng yang berada di tengah ruangan. Serang lonceng itu dan Grim Lekius akan menampakkan dirinya. Begitu dia muncul, serang dia dengan menggunakan Wisp Hexaorb. Hati-hati! Serangan Wisp bisa membuat kaktus-kaktus yang berada di tempat itu meledak dan kalau Keldy terkena ledakannya ia akan terkena efek 'freeze'. Terus serang Grim Lekius hingga Anda berhasil mengalahkannya.

Chapter 6: A Fool and a Sword
Sebelum memasuki chapter ini, sebaiknya Anda memaksimalkan penggunaan emblem milikmu. Seberangi jembatan, kalau jembatan yang Anda seberangi runtuh, aktifkan switch yang berada di tempat itu lalu lanjutkan perjalananmu. Masuk ke dalam gua, kalahkan Du’Ram dan gunakan tangga. Di area ini, Anda harus mengalahkan semua musuh untuk mendapatkan tiga buah Gold Key dan sebuah Special Key. Setelah Anda berhasil mendapatkan keempat kunci tersebut, gunakan untuk membuka gerbang, masuk, save permainanmu dan lanjutkan perjalanan.

Di ruangan berikutnya, Anda harus naik ke atas menara. Untuk naik ke atas menara, Anda memerlukan elevator. Dan untuk mengaktifkan elevator, Anda harus menemukan sumber energinya terlebih dahulu. Jelajahi menara ini hingga Anda sampai di dalam ruangan generator. Kalahkan semua musuh yang berada di ruangan ini. Lompat ke atas tumpuan yang berada di tengah ruangan untuk mengaktifkan elevator. Keluar dari ruangan itu dan pergilah menuju pintu yang terkunci di dalam menara ini. Gunakan pintu tersebut, lanjutkan perjalanan hingga Anda menemukan sebuah tumpuan. Gunakan tumpuan tersebut untuk menuju lantai paling atas dan save permainanmu.

Jelajahi ruangan ini untuk temukan jalan yang akan membawamu ke puncak menara. Jangan lupa untuk mengalahkan semua musuh yang berada di dalam ruangan ini. Begitu tiba di lantai atas, kalahkan musuh yang menghadang dan lompatlah ke arah barat laut dan Anda akan melihat sebuah tangga. Gunakan tangga itu dan lanjutkan perjalanan menuju ruangan selanjutnya. Begitu Anda tiba di puncak menara, Anda akan melihat sebuah adegan. Setelah itu, Anda harus berhadapan dengan boss: Masked Guru.

Masked Guru dan Sniper Visages
Chapter: A Fool and A Sword
Lokasi: Beacon Tower, The Look Out
Elemen: semua elemen
Serangan:
Masked Guru: Fire Gale, Ice Crystals, Poison Mists, Charge Attack, Stun Attack, Meteorite
Sniper Visages: Fire Blaster, Ice Blaster

Anda akan mendapati dirimu berlari-lari ke sana kemari ketika sedang melakukan pertarungan ini. Mengapa? Karena Keldy akan bertarung melawan Masked Guru di seluruh tempat yang berada di menara ini. Sebisa mungkin, usahakan untuk memancingnya bertarung di lantai dasar. Menara itu sendiri bisa hancur jika terkena serangan, jadi berhati-hatilah, jangan sampai terkena serpihan-serpihan menara yang hancur karena hal tersebut akan mengurangi HP Keldy. Ketika pertarungan baru dimulai, Masked Guru akan menggunakan perisai api pada dirinya dan menyerang Keldy dengan menggunakan Fire Gale serta Poison Mists. Selain itu, ia juga akan memanggil satu atau dua buah Sniper Visages untuk membantunya melawanmu. Kalau menurutmu, Sniper Visage itu mengganggu gerakanmu, kalahkan saja mereka terlebih dahulu. Pada saat Masked Guru menggunakan perisai api pada dirinya, serang dia dengan menggunakan Undine Hexaorb. Setelah perisai api yang melindungi Masked Guru menghilang, Anda bisa mendatangi dan menyerangnya sebelum ia menggunakan perisai api lagi, tapi hati-hati dengan serangan Charge Attack dan Stun Attacknya. Pola pertarungan melawan Masked Guru adalah hancurkan Sniper Visage, hancurkan perisainya dan baru menyerangnya. Lakukan hal tersebut berkali-kali dan gunakan seluruh magic serta Hexaorb yang Anda miliki hingga Anda berhasil mengalahkannya.

Chapter 7: Warriors of Hope
Maksimalkan penggunaan emblemmu di chapter ini. Periksa gua yang berada di barat dan selatan area ini untuk mendapatkan beberapa barang. Lanjutkan perjalananmu dan lihat adegan yang terjadi. Sekarang, Anda akan dibantu oleh Watts. Kalau Anda melihat Watts tiba-tiba berhenti, segeralah hencurkan semua barang atau kalahkan musuh yang menghalangi jalannya. Selain itu, Anda tidak perlu mengkhawatirkan Watts, karena ia tidak akan mati, hanya kadang-kadang tidak bisa bergerak saja. Bagaimanapun hanya dengan meriam milik Watts-lah kita bisa melanjutkan perjalanan ke area berikutnya. Gunakan meriam Watts untuk menghancurkan menara-menara kayu yang berada di area ini. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan meriam Watts untuk menghancurkan tembok dan setiap meriam musuh yang Anda temui. Lanjutkan perjalanan hingga Anda menemukan sebuah pintu yang dikunci oleh dua buah kristal. Watts akan berusaha menghancurkan kedua kristal tersebut. Setelah hancur, Anda akan melihat sebuah adegan.

Di area ini, Anda harus mengalahkan empat ekor Orcadactyl untuk mendapatkan empat buah kunci. Setelah berhasil mendapatkan kunci-kunci tersebut, langsung gunakan untuk membuka gerbang agar Anda bisa melanjutkan perjalanan. Masuk, save permainan, saksikan adegan dan Anda akan berhadapan dengan boss: Grim Golem Generalissimo.

Grim Golem Generalissimo, Grim Golem Raider dan Sharp Shooter
Chapter: Warriors of Hope
Lokasi: Great Tree, Altar of Darkness
Serangan:
Grim Golem Generalissimo: Pom Pom Balls, Gatling Gun, Canon Blast, Counter Spin, Charge Attack
Grim Golem Raider: Sword Attack
Sharp Shooter: Daze Arrow

Sebelum pertarungan dimulai, ada baiknya kalau Anda mengumpulkan Wisp Hexaorb sebanyak-banyaknya, karena satu-satunya kelemahan Grim Golem Generalissimo adalah Wisp. Jangan pernah menyerang boss yang satu ini secara langsung karena ia akan menggunakan Counter Spin untuk membalas seranganmu. Serangan pertama Grim Golem Generalissimo adalah Pom Pom Balls. Hindari bola-bola yang menyerbu ke arahmu dan jangan coba-coba untuk menyerang bola-bola itu, karena jika meledak maka ledakannya akan mengurangi HP mu. Serangan kedua adalah Gatling Gun, serangan ini bisa Anda hindari dengan mudah atau Anda tangkis. Serangan yang ketiganya adalah Canon Blast (dia akan membidikmu dengan sinar berwarna ungu sebelum mengeluarkan jurus ini) yang bisa mengurangi banyak sekali HP milik Keldy. Untuk Grim Golem Raider dan Sharp Shooter, segera kalahkan mereka kalau mereka menghalangi gerakanmu. Serang Grim Golem Generalissimo dengan Wisp Hexaorb sebanyak-banyaknya atau gunakan Pumpkin Bom raksasa yang tergantung di atas untuk melukainya. Anda juga bisa memanfaatkan pilar-pilar yang ada di tempat itu. Pada saat dia menyerangmu dengan Canon Blast, pancing dia menuju ke pilar-pilar tersebut. Jika serangannya mengenai pilar, maka pilar tersebut akan runtuh dan menimpanya. Segera gunakan Power Up, lompat ke kendaraan yang dinaikinya dan serang dia sebelum waktu mode 'panic'nya habis. Terus ulangi ketiga cara di atas sambil terus menghindari serangan Canon Blast-nya dan Anda akan berhasil mengalahkannya.

Final Chapter: The Great Tree
Sebelum chapter dimulai, ada baiknya Anda menggunakan emblem Ogre Knight/Troll Knight, Apprentice Sorcerer/Adept Sorcerer dan Novice Swordsman/ Skilled Swordsman terlebih dahulu. Mengapa? Karena tempat ini dipenuhi oleh musuh-musuh kelas Grim yang tentunya susah dikalahkan. Sebisa mungkin, lawan musuhmu satu per satu, kalau tidak bisa-bisa Anda tidak mempunyai apa-apa lagi ketika pertarungan melawan boss dimulai.

Kumpulkan semua elemen Hexaorb yang berada di area ini. Hancurkan generator yang terletak di dekat tembok sebelah timur. Kalahkan musuh-musuh yang berada di dekat generator untuk mendapatkan kunci. Kalahkan setiap Grim Golem Centurion yang berada di area ini dan Anda akan mendapatkan Special Key. Gunakan kunci, lanjutkan perjalanan, masuk ke dalam portal. Untuk keluar dari area ini, kalahkan semua musuh yang berada di sini.

Lanjutkan perjalananmu dan Anda akan berada di persimpangan jalan (terbagi menjadi tiga). Jalan barat dan timur memiliki Save Point dan jalan utara (jalan yang paling mudah) tidak memiliki Save Point. Ambil jalan timur. Lompat ke bawah dan masuki portal. Kalahkan semua musuh yang berada di area ini sambil melanjutkan perjalananmu. Save permainan. Di area berikutnya, Anda bisa memeriksa setiap ruangan yang berada di sini untuk melawan semua musuh atau mencari barang (Anda data menemukan Dryad Hexaorb dan Luna Hexaorb di ruangan yang berada di sebelah barat laut. Lanjutkan perjalananmu hingga Anda mencapai lantai dasar. Kalahkan semua musuh yang berada di tempat ini untuk mendapatkan Special Key. Lajutkan perjalanan hingga Anda melihat sebuah adegan dan Anda akan melawan boss: Grim Stroud.

Grim Stroud
Chapter: The Great Tree
Lokasi: Nethermanse, Throne Room
Elemen: Dark
Serangan: Holy Sword Attack, Ice Burst, Flaming Saber, Dark Abbys, Dark Blast, Power Gale, Triple Scythes, Upper Cut, Holy Blaster

Anda harus melawan Grim Stroud dalam bentuk yang pertama dan bentuk yang kedua. Untuk Grim Stroud bentuk pertama, cukup serang dia dengan menggunakan benda-benda yang berserakan di Throne Room. Setelah Anda berhasil mengalahkannya, bersiap-siaplah untuk menghadapi bentuk kedua dari Grim Stroud. Grim Stroud akan menggunakan Dark Abbys yang akan menarik Keldy ke arahnya. Setelah itu, ia akan menggunakan Dark Blast. Pada saat ia hendak menggunakan jurus Holy Blaster, lebih baik Faye langsung bersiap-siap untuk menggunakan Healing Light, karena Keldy tidak mungkin bisa mengelak dari Holy Blaster. Kelemahan Grim Stroud bentuk kedua ini terletak pada empat buah benda yang berada di atas. Hancurkan salah satu benda tersebut lalu gunakan Power Up dan serang Grim Stroud hingga seranganmu tidak mempan lagi terhadapnya. Selain itu, Anda juga bisa menyerangnya dengan menggunakan Wisp Hexaorb. Setelah seranganmu tidak berpengaruh padanya, segera hancurkan benda yang tergantung itu lagi, kemudian serang dia dengan cara yang sama. Lakukan hal ini berkali-kali hingga Anda berhasil mengalahkannya.

Lewati terowongan yang berada di depanmu dengan hati-hati. Di area selanjutnya, gunakan tangga dan teruslah berjalan menuju ke arah timur laut. Kalahkan semua musuh yang berada di sini untuk mendapatkan kunci. Begitu sampai di area berikutnya, Anda bisa menghindari semua musuh yang berada di area ini atau melawan mereka semua. Tetapi di area yang di dalamnya terdapat sebuah pintu gerbang yang terkunci, Anda harus melawan semua musuh untuk bisa membuka pintu gerbang tersebut. Jadi sangat disarankan untuk menghindari musuh sebelum Anda menemukan pintu gerbang tersebut. Setelah pintu gerbang tersebut terbuka, masuk, lanjutkan perjalanan dan save permainanmu.

Setelah melihat beberapa adegan. Ikuti wanita itu dan kalahkan setiap musuh yang menghadangmu. Begitu Anda sampai di Great Tree, Anda akan berhadapan dengan boss: Medusa.

Medusa, Blood Serpent dan Frost Serpent
Chapter: The Great Tree
Lokasi: Nethermanse, Hall of Echoes
Elemen: semua elemen
Medusa: Protective Shield, Summon Wraiths, Tremor, Revive
Blood Serpent: Fireball, Vacuum, Rampage
Frost Serpent: Frost Breath, Vacuum, Rampage

Medusa kebal terhadap segala elemen, jadi dalam pertarungan ini selain Salamander atau Undine untuk menyerang kedua Serpentnya Anda tidak perlu menggunakan elemen lain. Hati-hati terhadap kedua Serpent milik Medusa karena serangan mereka bisa mengurangi HP Keldy dalam jumlah besar. Untuk mengalahkan kedua Serpent tersebut, gunakan kristal berwarna biru dan merah yang berada di dekatmu. Gunakan kristal yang berwarna biru untuk menyerang Blood Serpent dan kristal yang berwarna merah untuk melawan Frost Serpent. Selain itu, tentu saja Anda bisa menggunakan Frozen Saber untuk melawan Blood Serpent dan Flaming saber untuk melawan Frost Serpent. Begitu kedua Serpent itu berhasil Anda kalahkan, gunakan Power Up lalu lompatlah ke badan mereka dan mulailah menyerang Medusa untuk menghancurkan perisainya. Kalau Medusa terlihat mulai sadar, segera turun dari badan Serpent karena ia akan menghidupkan kedua Serpent-nya lagi. Lakukan hal tersebut berkali-kali dan berhati-hatilah terhadap semua serangan Medusa. Ingatlah bahwa untuk bisa menyerang Medusa, Anda harus mengalahkan kedua Serpent miliknya terlebih dahulu.